Soal Tes Kemampuan Bidang TKB Pendidikan (Guru) CPNS
Tes CPNS direncanakan dilaksanakan bulan November 2014, dimana muatan materi ujian CPNS terdiri dari Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB).
Tenaga pendidik (Guru) akan mendapatkan TKB yang berbeda dengan tenaga ahli lainnya seperti tenaga kesehatan, teknik industri dll. Untuk itu berikut ini kami sajikan beberapa soal-soal Tes Kemampuan Bidang (TKB) khusus tenaga guru (Pendidik). Soal - soal ini yang pada umumnya akan ditanyakan dan keluar saat tes CPNS di daerah-daerah yang menyelenggarakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Soal-soal Tes Kemampuan Bidang Tenaga Pendidik (Guru)
1. Pernyataan dibawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali....
A. Menunjukan variasi yang benar pada tinggi dan berat badan
B. Memiliki keterampilan didik untuk memainkan permainan
C. Penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
D. Memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
2. Kreatifitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk.....
A. Memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
B. Penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
C. Berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak bisa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
D. Mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
3. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
A. Mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
B. Berperan serta dalam permainan logika
C. Menyukai teman sebaya lawan jenis
D. Dapat bekerja dalam durasi yang lama
4. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional adalah....
A. Kesulitan memuali sesuatu, tapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
B. Menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
C. Mulai rasa simpati kepada orang yang lebih dewasa.
D. Memiliki rasa humor yang di ekspresikan dalam lelucon praktis.
5. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali...
A. Coba-ralat (trial and error)
B. Pendidikan langsung
C. Identifikasi
D. Observasi
Jawaban!!
1. D
2. C
3. A
4. C
5. D
No comments:
Post a Comment