Berikut ini adalah contoh dari soal Pedagogik CPNS tenaga pendidik tes keguruan yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan. Untuk mendapatkan soal Pedagogik lebih lengkap lagi klik disini
Butir Soal 1 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
a. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
Kunci Jawaban D
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
fisik antara lain: mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru,
memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali
keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga
secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban
yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik
anak usia SD.
Butir Soal 2 Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan
intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya
sendiri dan orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
Kunci Jawaban C
Penjelasan Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek
intelektual siswa SD. Menurut Hurlock, kreativitas adalah kemampuan
untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan.
Butir Soal 3 Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b. berperan serta dalam permainan logika
c. menyukai teman sebaya lawan jenis
d. dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
Kunci Jawaban A
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
sosial antara lain: mulai dapat bekerja sama dalam kelompok,
memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai
teman sebaya sesama jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya
sesama jenis, berperan serta dalam permainan logika, dan menyukai
teman sebaya lawan jenis bukan merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik usia SD.
Butir Soal 4 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
a. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir
b. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
c. mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
d. memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
Kunci Jawaban C
Penjelasan Menurut Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD
antara lain: kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan
bertahan sampai akhir, menampakkan marah apabila mengalami
kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam
lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung
dalam intensitas yang ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa bukan merupakan karakteristik
perkembangan emosional anak usia SD
Butir Soal 1 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
a. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
Kunci Jawaban D
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
fisik antara lain: mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru,
memiliki dorongan dan energi secara eksplosif, mengulang kembali
keterampilan-keterampilan secara tuntas, dan menyenangi olahraga
secara kelompok. Jadi memiliki kemampuan dalam mengangkat beban
yang berat, bukan merupakan karakteristik perkembangan aspek fisik
anak usia SD.
Butir Soal 2 Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan
intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya
sendiri dan orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
Kunci Jawaban C
Penjelasan Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan aspek
intelektual siswa SD. Menurut Hurlock, kreativitas adalah kemampuan
untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan.
Butir Soal 3 Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b. berperan serta dalam permainan logika
c. menyukai teman sebaya lawan jenis
d. dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
Kunci Jawaban A
Penjelasan Karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
sosial antara lain: mulai dapat bekerja sama dalam kelompok,
memiliki keasyikan sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai
teman sebaya sesama jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya
sesama jenis, berperan serta dalam permainan logika, dan menyukai
teman sebaya lawan jenis bukan merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik usia SD.
Butir Soal 4 Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan
peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
a. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir
b. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
c. mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
d. memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
Kunci Jawaban C
Penjelasan Menurut Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD
antara lain: kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan
bertahan sampai akhir, menampakkan marah apabila mengalami
kesulitan di sekolah, memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam
lelucon praktis, dan memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung
dalam intensitas yang ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati
kepada orang yang lebih dewasa bukan merupakan karakteristik
perkembangan emosional anak usia SD
No comments:
Post a Comment