Thursday, July 24, 2014

Trik Mengenali dan Menyelesaikan Tipe Soal Ujian CPNS

Trik Mengenali dan Menyelesaikan Tipe Soal Ujian CPNS
cpnson.blogspot.com - Trik Mengenali dan Menyelesaikan Tipe Soal Ujian CPNS
Setiap jenis soal memiliki perbedaan masing-masing, baik dari segi kerumitan maupun dari segi cara menjawabnya. Dibutuhkan pengetahuan dan latihan yang sering dan berkelanjutan agar bisa mengenali dan menyelesaikan soal-soal tersebut. (Baca juga Strategi atau Tips Lolos Seleksi CPNS Sistem CAT)
Perhatikan beberapa poin berikut yang mungkin bisa diterapkan saat berhadapan dengan tipe soal ujian CPNS ataupun soal tes ujian masuk BUMN lainnya.

UNTUK TES INTELIGENSI UMUM

1.Pada tes verbal, yaitu bagian sinonim maupun tes analogi, strategi belajar yang paling efektif adalah dengan banyak berlatih. Cari dan hapalkan kata-kata yang asing bagi anda dalam kamus, surat kabar, berita televisi dan lain-lain.

2. Pada bagian penalaran visual , konsentrasi tinggi untuk melihat pola yang ada ataupun tersembunyi dari rangkaian gambar adalah strategi dan trik yang bsa kami berikan. Konsentrasi pada gambar dan banyak berlatih mengenali perubahan pola dengan banyak mengerjakan soal-soal sejenis.

3.Untuk menjawab soal penalaran logika dan analitis. Anda sebaiknya melihat terlebih dahulu pilihan jawaban soal dan membandingkannya satu persatu. Hilangkan jawaban yang jelas salah, hingga anda menemukan pilihan jawaban yang paling tepat atau mendekati.

4. Bagian yang dirasa paling sulit bagi banyak peserta adalah bagian tes logika aritmatika dan kemampuan aljabar. Yang paling menentukan keberhasilan anda dalam menyelesaikan soal bagian ini adalah kecepatan anda dalam melakukan operasi matematika dan menerjemahkan soal cerita kedalam bentuk matematisnya.
Namun untuk beberapa soal, metode “eliminasi” seperti ketika menyelesaikan soal penalaran logika dan analisis dapat anda terapkan. Contohnya, jika terdapat soal 692 x 127 = …
Perhatikan jawaban yang disediakan, pehatian digit terakhir dari setiap pilihan jawaban yang ada. Berapapun hasil perkalian itu, digit terakhir hasilnya adalah 4 (karena perkalian digit terakhirnya adalah = 2 x 7 = 14). Jadi dengan cepat anda dapat mengeliminasi pilihan jawaban yang jelas salah, yaitu pilihan jawaban yang tidak berdigit akhir 4

UNTUK TES WAWASAN KEBANGSAAN

1. Pada bagian lain seperti falsafah Ideologi Pancasila, kebijakan pemerintah, ataupun tata negara strategi yang mungkin dilakukan adalah dengan banyak membaca surat kabar, mendengar informasi terkini, updating perubahan undang-undang yang berlaku dan membaca buku yang merupakan dasar dari pengetahuan bagian tersebut

2. Pada bagian bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, jika ada soal wacana atau teks based, sementara wacana yang ada terlalu panjang untuk dibaca, maka anda lebih baik membaca soal terlebih dahulu, kemudian baru mencari jawaban di wacana. Lakukan ini dengan cepat.

No comments: