Wednesday, July 30, 2014

Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang TKB Pendidikan CPNS 2014 dan Kunci Jawaban

Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang TKB Pendidikan CPNS 2014 dan Kunci Jawaban
Gambar : Simbol Tut Wuri Handayani, Sumber : Google
cpnson.blogspot.com - Pengertian, Jenis, Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang TKB Pendidikan CPNS 2014 dan Kunci Jawaban

Pengertian Tes Kompetensi Bidang

Tes Kompetensi Bidang merupakan suatu tes yang dikhususkan terhadap jurusan yang akan di ambil oleh pelamar. Biasanya Tes Kompetensi Bidang (TKB) ini sangat beragam dan disesuaikan dengan bidang atau jurusan masing-masing, jadi setiap peserta ujian CPNS belum tentu akan mendapatkan tes TKB yang sama. (Baca Juga :  Tes Sinonim Ujian CPNS Tips, Trik Mengerjakannya dan Contoh Soal )

Jenis-Jenis Tes Kompetensi Bidang

Diawal sudah kami jelaskan bahwa TKB merupakan tes tersendiri dan spesifik (khusus), maka tes ini juga memiliki ragam/jenis yang sangat bervariasi, seperti TKB Pendidikan, TKB Kesehatan, TKB Agama, TKB Hukum dan masih banyak lagi.(Baca Juga :  Syarat Umum Seleksi CPNS: Umur, Pendidikan, Kesehatan dan Hukum )

Berikut ini merupakan contoh soal tes kompetensi bidang pendidikan soal CPNS 2014 dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. (Baca Juga :  Trik Mengenali dan Menyelesaikan Tipe Soal Ujian CPNS )

Contoh Soal Tes Kompetensi Bidang Pendidikan

1. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali…
A. Menunjukan fariasi yang besar pada tinggi dan berat badan
B. Memiliki keterampilan fisik untuk mempermainkan permainan
C. Penambahan - penambahan dalam kemampuan motorik halus
D. Memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
2. Kreatifitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk….
A. Memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
B. Penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
C. Berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesian yang unik terhadap berbagai persoalan
D. Mengembangkan ide-ide secara cerdas  dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
3. Pernyataan dibawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah…
A. Mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
B. Berperan serta dalam permainan logika
C. Mulai menyukai teman sebaya lawan jenis
D. Dapat bekerja dalam durasi yang lama
4. Pernyaan dibawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali….
A. Kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
B. Menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
C. Mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
D. Memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam bentuk lelucon praktis
5. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali….
A. Coba-ralat (trial and error)
B. Pendidikan langsung
C. Identifikasi
D. Observasi

Kunci Jawaban Tes Kompetensi Bidang (TKB) Pendidikan

1. D
2. C
3. A
4. C
5. D

No comments: