Saturday, August 2, 2014

Teknis, Kelebihan/Keunggulan, Manfaat Penggunaan Sistem Software CAT di Ujian CPNS 2014

Teknis, Kelebihan/Keunggulan, Manfaat Penggunaan Sistem Software CAT di Ujian CPNS 2014
 Gambar : Software Ujian/Tes CAT CPNS Dari BKN, Sumber : Google
cpnson.blogspot.com - Teknis, Kelebihan/Keunggulan, Manfaat Penggunaan Sistem Software CAT di Ujian CPNS 2014 - Setelah sukses melaksanakan ujian/tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 dengan menggunakan Sistem Software Computer Assisted Test (CAT), walaupun masih sebatas ujian di keninasan/pusat namun pelaksanaan Ujian/Tes CPNS CAT terbilang sukses maka pemerintah melalui Menpan-RB tahun ini kembali melanjutkan sistem penerimaan CPNS dengan sebuah sistem dan software yang disebut CAT. (Baca Juga : Sistem Penilaian CAT (Computer Assisted Test) CPNS)

CAT (Computer Assisted Test) adalah salah satu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian. Manfaat dari penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU)/Tek Kemampuan Umum (TKU), Tes Kepribadian dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). (Baca Juga : Bagaimana Strategi atau Tips Lolos Seleksi CPNS Sistem CAT )

Setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh program CAT ini. Kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak membutuhkan lembar soal dan Lembar Jawaban Kerja (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara objektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh sistem aplikasi CAT. (Baca Juga : Urutan Pelaksanaan Ujian/Tes CPNS Menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT))

TEKNIS PENGGUNAAN SISTEM SOFTWARE CAT DI UJIAN CPNS 2014

Secara teknis, para peserta yang mengikuti tes CPNS menerima soal secara online, kemudian langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada. Jawaban yang diberikan tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana. Setiap peserta akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal-soal CPNS. (Baca Juga :  Kisi-Kisi Soal CPNS Yang Diaplikasikan Dalam CAT )

Sistem CAT tidak bisa direkayasa, sebab sistem komputer akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta. Meski tesnya tidak serentak, setiap soal akan berbeda antarpeserta. Apalagi badan penyelenggara CPNS telah memiliki bank soal yang memuat hingga puluhan ribu soal. (Baca Juga : Website Situs Resmi dan Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 )

Sistem CAT memang tidak didesaian untuk pelaksanaan tes secara massal dan massif. Sebagai contoh, instansi yang memiliki 100 unit Personal Computer (PC) dapat melaksanakan tes dengan sisten CAT bagi 500 orang setiap hari (5 sesi/gelombang) atau 3000 peserta dalam seminggu (6 hari kerja).(Baca Juga : Rahasia Ketentuan Lulus CPNS 2014)

KELEBIHAN/KEUNGGULAN DAN MANFAAT PENGGUNAAN SISTEM SOFTWARE CAT DI UJIAN CPNS 2014

1. Peserta tes dapat mendaftar melalui internet
2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik, dan Tes Skala Kematangan)
4. Penilaian dilakukan secara objeltif
5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperolehnya. (Baca Juga : Syarat Umum Seleksi CPNS: Umur, Pendidikan, Kesehatan dan Hukum )

No comments: