Monday, October 27, 2014

Pendaftaran dan Penerimaan CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015

Profil Kementerian ESDM CPNS Tahun 2015

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau yang sering disingkat dengan Kementerian ESDM (dulu bernama Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral) merupakan kementerian dalam pemerintahan di Indonesia yang bergerak di bidang energi dan sumber daya mineral. Segala urusan yang menyangkut energi dan sumber daya mineral ditangani oleh kementerian ini.
Pendaftaran dan Penerimaan CPNS Kementerian ESDM
CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015

Persyaratan CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015

Pada tahun 2015 ini,  Kementerian ESDM akan membuka penerimaan CPNS, dengan ketentuan seperti yang tertera di bawah ini  :

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
  7. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.
  8. Usia pelamar sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya pada saat pelamaran (sejak tanggal penetapan pengumuman oleh pejabat yang berwenang): 30 (tiga puluh) tahun untuk pelamar lulusan S-1, D-III dan SMK; 35 (tiga puluh lima) tahun untuk pelamar lulusan S-2 dan Akuntan.
  9. Foto copy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir yaitu : Perguruan Tinggi Negeri disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademik; Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi disahkan oleh Rektor/Dekan/Ketua/Direktur/Pembantu Dekan Bidang Akademik; dan Pendidikan dari luar negeri dilengkapi dengan surat penetapan pengesahan/penyetaraan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
  10. Ijazah sementara tidak berlaku.
  11. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar lulusan pendidikan tinggi dalam negeri, berijazah : Pasca Sarjana (S-2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol); Sarjana (S-1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima); dan Diploma Tiga (D-3) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
  12. Akreditasi A atau B untuk Jurusan/Program Studi pada tahun kelulusan dan masih berlaku yang dilegalisir Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  13. Untuk jabatan-jabatan:Inspektur Migas, Inspektur Tambang, Inspektur Ketenagalistrikan,Dosen, Widyaiswara, Analis Kerjasama, Analis Kerjasama dan Industri, Sekretaris dan jabatan lain dengan kualifikasi pendidikan: Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, ilmu Administrasi Negara/Publik, Ilmu Komunikasi, TOEFL ITP/Paper Based Toefl minimal 450 (Setara dengan Computer Based Toefl minimal 133, Internet Based Toefl minimal 45, TOEIC 405, IELTS 4), sedangkan untuk kualifikasi pendidikan Sastra Inggris TOEFL ITP/Paper Based Toefl minimal 550 (Setara dengan Computer Based Toefl minimal 213, Internet Based Toefl minimal 79, TOEIC 605, IELTS 6.5).
  14. Untuk jabatan Pengamat Gunungapi, Anak Buah Kapal, Nakhoda, Masinis, dan Mualim, diutamakan berjenis kelamin laki-laki.
  15. Apabila pelamar mengundurkan diri setelah terdaftar dan mendapatkan Nomor Identitas Pegawai (NIP) dari Badan Kepegawaian Negara, dikenakan denda sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) dan disetorkan ke kas negara.


Acuan persyaratan di atas berdasarkan persyaratan penerimaan CPNS tahun yang lalu. Untuk penerimaan CPNS Kemenkerian ESDM tahun 2015 ini, persyaratannya akan segera diumumkan sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah resmi Indonesia. Namun, persyaratan penerimaan CPNS setiap tahunnya tidak mengalami banyak perubahan, untuk itu, semoga persyaratan di atas dapat menjadi gambaran untuk Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi penerimaan CPNS tahun 2015.

Jadwal CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015

Untuk informasi Jadwal Pendaftaran CPNS Kementerian ESDM tahun 2015 akan diumumkan melalui situs resmi portal CPNS panselnas.menpan.go.id dan akan diinformasikan selanjutnya melalui blog ini. Pantau terus perkembangannya di sini.

Pendaftaran CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015

Di tahun yang lalu Kementerian ESDM membuka 800 formasi bagi Putra/Putri terbaik Indonesia yang ingin menjadi Abdi Negara. Maka persiapkan diri Anda sedini mungkin untuk mengikuti tes CPNS Kementerian ESDM tahun 2015 ini.
Jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri dalam penerimaan CPNS Kementerian ESDM tahun 2015 di atas, maka Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui situs resmi portal CPNS panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id
Informasi ini akan selalu diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah, oleh karena itu agar tidak ketinggalan informasi terbaru, silakan pantau terus informasinya melalui blog ini.

Pengumuman CPNS Kementerian ESDM Tahun 2015

Informasi seputar pengumuman penerimaan CPNS Kementerian ESDM tahun 2015 ini dapat Anda ikuti melalui blog ini. Perlu diingat bahwa blog ini berisi berbagai informasi terbaru mengenai pengumuman penerimaan CPNS 2015, dimana informasi ini akan diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah dalam penerimaan CPNS tahun 2015.
Bagi Anda yang masih gagal dalam tes CPNS tahun lalu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda sejak dini dan ikuti terus perkembangan terbaru informasi CPNS tahun 2015 melalui blog ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

No comments: