Sunday, March 29, 2015

Jalur Khusus Penerimaan CPNS 2015 Lulusan SM3T 1000 Kuota

CPNS 2015 jalur khusus SM3T
CPNS SM3T - Kabar gembira bagi para lulusan program Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T). Bagi lulusan program Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) ada kabar gembira terkait penerimaan CPNS 2015. Pasalnya peluang menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) melalui jalur khusus SM3T akan dibuka kembali. Pasalnya kesempatan menjadi PNS melalui jalur khusus kembali akan dibuka. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memastikan untuk jalur khusus seleksi CPNS 2015 tersedia kembali.

’’Tentu akan terus ada. Ini adalah mekanisme membangun Indonesia,’’ tutur Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenristek Dikti Supriadi Rustad di Jakarta Kamis (26/3).

Dia menyatakan, akan ada penambahan kuota untuk jalur khusus tersebut. Supria mengatakan dalam penerimaan CPNS 2015 jalur khusus  ini akan ada penambahan jumlah yang signifikan.

Dengan catatan, seluruh lulusan SM3T yang diangkat menjadi PNS tahun ini dapat bekerja maksimal di daerah penempatan. Selain itu, animo para lulusan SM3T untuk turut berkontribusi tahun depan cukup besar. Dengan syarat kepada lulusan SM3T yang nantinya diangkat menjadi PNS tahun 2015 ini harus dapat bekerja semaksimal mungkin di daerah yang sudah ditempatkan.  Selain itu, animo mendaftar para lulusan SM3T tahun ini untuk turut berkontribusi tahun depan nampaknya cukup besar sehingga pemerintah sudah menyiapkan kuota yang cukup besar pula.

’’Tentu kita tidak mau  kalau sampai sudah mengajukan, tapi ternyata kuota tidak dapat terpenuhi,’’ ujarnya.

Sebagai info tambahan kuota khusus penerimaan CPNS untuk alumni SM3T baru diadakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tahun lalu. Ada 1000 kuota yang diberikan khusus untuk mereka.

Dikatakan oleh mantan pembantu rektor bidang akademik Universitas Negeri Semarang ini memaparkan, pada jalur khusus tersebut, tidak ada perbedaan dalam hal tes atau ujiannya antara tes yang diberikan dan tes CPNS jalur umum. Materi ujian tes yang diujikan relatif sama. Kekhususan yang dimiliki pada jalur SM3T ini adalah pesaing dalam tes tidak terlalu banyak. Para lulusan SM3T hanya akan bersaing bersama sesama lulusan yang hanya mencapai 11 ribu orang. Sementara itu, pada tes CPNS jalur umum, persaingan akan lebih ketat karena dilakukan bersama ratusan ribu pelamar lainnya.

Supriadi melanjutkan rekrutmen tahun lalu pun berjalan tanpa ada halangan yang berarti. Buktinya, dari catatan seleksi CPNS tahun lalu, 1.395 alumnus SM3T ikut mendaftar tes jalur khusus tersebut. Hasilnya hampir 100% atau 1.224 orang dinyatakan lulus. Walaupun akhirnya hanya 809 orang yang berhasil terserap lantaran ketersediaan formasi di daerah yang tidak sesuai dengan minat para pendaftar. Jadi, banyak yang harus gugur.

Tahun 2014 lalu ada 60 persen merupakan lulusan SM3T merupakan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Mereka mulai aktif mengajar pada 1 April 2015 di wilayah Aceh, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta Papua. ’’Seluruh SK dan NIP sudah siap. Mereka telah siap diterbangkan,’’ pungkasnya.

No comments: