Monday, June 16, 2014

Pembukaan Pendaftaran CPNS Jatuh Pada Minggu Ketiga Juli

Pembukaan Pendaftaran CPNS Jatuh Pada Minggu Ketiga Juli
Bagi Anda yang tahun ini memiliki niat yang mulia ingin mengabdi sebagai seorang abdi negara maka kabar baik ini sangat tepat untuk Anda simak. Setelah beberapa kali diundur akhirnya pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (cpns) jatuh pada minggu ketiga Juli sedangkan untuk pelaksanaan tes CPNS baru akan dilakukan pada awal Agustus.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar. Lebih lanjut, mengklaim jika pelaksanaan tes CPNS yang akan dimulai pada akhir Juli dan awal Agustus mendatang dan seluruhnya menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Itu artinya, seluruh instansi baik pusat dan daerah tanpa terkecuali wajib meninggalkan sistim lembar jawab komputer (LJK).

“Siap atau tidak siap, semunya wajib pakai CAT. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kalau menolak pakai CAT, berarti tidak bisa melaksanakan seleksi CPNS,” tegas Azwar di Jakarta

Selain itu formasi penerimaan CPNS tahun ini masih tetap didonminasi oleh guru, tenaga medis dan tenaga penyuluhan pertanian. Meskipun begitu kabar terbaru dari MenPAN-RB bahwa sedikitnya ada 5000 kursi disediakan untuk lulusan lintas ilmu yang bisa menentukan pilihan formasi walaupun bukan bidang/jurusan masing-masing. Lintas jurusan/ilmu juga akan mengikuti tes computer assisted test (CAT). Saat ditanya detail mekanismenya, Herman menolak menceritakan. Herman mengatakan jika teknisnya masih dibahas oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). “Syarat mutlak menjadi CPNS harus ikut tes dan lulus tes. Khusus formasi lintas ilmu, karena ini baru pertamakali diselenggarakan masih dalam tahap pembahasan. Mudah-mudahan akhir Juni sudah ada petunjuk teknisnya,” terangnya.

No comments: