Thursday, June 18, 2015

Solusi Masalah Terkait CPNS

CPNS 2015 - Info penting bagi pelamar CPNS 2015. Inilah solusi dari masalah yang sering muncul di pendaftaran CPNS. Penerimaan CPNS 2015 memang telah dilakukan dengan sistem yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam penerimaan CPNS tahun 2015 ini, semua proses pendaftaran dilakukan melalui sistem online. Hal ini untuk mengantisipasi banyaknya kecurangan serta bertujuan untuk menghasilkan perekrutan pegawai yang transparan.

Terkait CPNS 2015


Namun, tetap saja sistem baru ini menuai berbagai masalah. Dari molornya jadwal penerimaan, mundurnya pendaftarana, hingga sistem yang bagi kebanyakana masyarakat awan menjadi merepotkan.

Meskipun panitia seleksi nasional sudah melakukan langkah-langkah untuk terus melakukan pelayanan yang memudahkan, tetap saja ada kendala di sana-sini. Belum kalau dari para pelamar yang kurang teliti atau tidak memperhatikan aturan maupun panduan yang telah dibuat.

Untuk itu, panselnas melalui situs resmi menpan merangkum beberapa permasalahan yang sering muncul dalam proses pendaftaran CPNS 2015 yang dilakukan secara online.

1. Bagaimana cara melakukan pendaftaran online?
Pendaftaran online dapat dilakukan melalui portal nasional di https://panselnas.menpan.go.id

2. Apakah saya bisa mendaftar dua kali?
Tidak bisa. Setiap calon peserta hanya bisa mendaftar di 1 instansi, baik itu instansi pusat atau daerah.

3. Benarkah disediakan formasi untuk lintas disiplin ilmu?
Dalam rekrutmen CPNS 2015 disediakan formasi sebesar 5% untuk lintas disiplin ilmu.

4. Persyaratan apa saja yang diperlukan dalam tahapan registrasi?
Saat registrasi awal yang diperlukan hanya Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan, dan alamat e-mail.Untuk persyaratan administrasi SKCK, Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) tidak diperlukan pada tahap registrasi.

5. Apakah masyarakat perlu mengeluarkan biaya dalam proses penerimaan CPNS 2015?
Tidak. Penerimaan CPNS Tahun 2015 gratis. Sama sekali tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran s/d pengumuman hasil kelulusan.

6. Mengapa formasi pada beberapa instansi baik pusat maupun daerah belum dapat diklik/dilihat pada portal panselnas?
Formasi belum dapat diklik/dilihat karena masih dalam proses validasi dan verifikasi dari tim panselnas sehingga belum dapat dipublikasikan. Jika proses validasi dan verifikasi telah selesai, formasi akan langsung diinput ke dalam sistem dan pelamar dapat langsung melihatnya.

7. Apakah ada formasi untuk SMA atau SMK?
Formasi untuk SMA atau SMK memang tersedia namun hanya instansi tertentu saja, silahkan menggunakan mode “cari” yang terdapat dalam halaman Formasi CPNS 2015.

8. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S-1 semua jurusan’?
Jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan tersebut dapat dilamar oleh semua jurusan dari jenjang pendidikan S1.

9. Berapa passing grade yang berlaku?
Passing Grade TKD CAT berdasarkan PermenPAN & RB no. 35 tahun 2013
Tes Wawasan Kebangasaan (TWK) 40% x 175 : 70
Tes Intelegensi Umum (TIU) 50% x 150 : 75
Tes Karakteristik Pribadi 60% x 175 : 105

Nah, apabila telah didapatkan informasi tepat terkait pendaftaran CPNS 2015, kita hanya perlu mempersiapkan diri dengan baik. Mari berlatih soal-soal CPNS dengan maksimal. Soal-soal CPNS terlengkap dapat Anda dapatkan di cpnson.blogspot.com.

Soal-soal dalam cpnson.blogspot.com ;ebih bervariatif dan sudah berbasis CAT sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam mempersiapkan diri.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

No comments: