Thursday, April 9, 2015

Kuota Baru Untuk CPNS 2015 Formasi Penyuluh Agama

Kuota CPNS 2015 Untuk Formasi Penyuluh Agama
Info CPNS KEMENAG - Dari sebagian besar penyuluh agama Kementerian Agama (Kemenag) baik di pusat maupun daerah sampai saat ini masih berstatus swasta. Untuk itulah tahun ini melalui Kemenag meminta kuota CPNS untuk formasi penyuluh agama cukup banyak. Dengan begitu diharapkan penerimaan CPNS 2015 bisa menutup penyuluh agama PNS yang sudah pensiun beberapa tahun terakhir.

Seperti dikatakan oleh Sekjen Kemenag Nursyam mengatakan bahwa saat ini komposisi PNS penyuluh agama didominasi oleh pegawai yang sudah mendekati masa pensiun. “Kami khawatir jika mereka pansiun, sulit mencari penggantinya,” ujar Nursyam di kantor Kemenag Jakarta kemarin (27/3). Dalam beberapa tahun terakhir, Nursyam menjelaskan ada kurang lebih 70 ribu penyuluh agama PNS yang telah pensiun.

Nursyam menjelaskan kepada media bahwa mereka sudah memasukkan usulan kuota CPNS baru untuk tahun 2015 formasi penyuluh agama. Usulan ini sudah mereka sampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nursyam mengatakan Kemenag membutuhkan kuota CPNS baru untuk formasi penyuluh agama sebanyak 3.000 kursi.

“Semoga usulan kami itu disetujui BKN,” katanya. Nursyam mengaku khawatir jika tahun ini pemerintah tetap menjalankan moratorium CPNS baru secara ketat. Pasalnya dalam era moratorium, formasi yang mendapat kuota CPNS baru hanya untuk guru, tenaga kesehatan, dan dosen saja.


Nursyam mengatakan salah satu pentingnya penyuluh agama ini adalah, mengantisipasi pemahaman-pemahaman agama yang menyimpang. “Seperti pemahaman agama Islam yang radikal. Pemahaman ini bisa dicegah oleh penyuluh agama,” tandasnya. Sumber: manadopostonline.com/

No comments: