Wednesday, May 13, 2015

Kelulusan CPNS 2015 Berdasarkan Hasil TKD

Pendaftaran CPNS Terbaru -  Bagi para peminat CPNS, berikut ini ada informasi penting, dimana tahun ini Hasil tes kompetensi dasar (TKD) akan menjadi penentuan kelulusan CPNS. Meskipun diberlakukan tes kompetensi bidang (TKB), perubahannya tidak signifikan mengganti rangking yang sudah ditetapkan Panselnas.

Kelulusan CPNS 2015 Berdasarkan Hasil TKD

“Sebanyak 60 persen nilai TKD menjadi penentu kelulusan CPNS dan sisanya dihitung berdasarkan hasil TKB. Jika ada nilai TKDnya tinggi kemudian setelah TKB,  nilai yang tinggi ini diganti dengan nilai TKD yang jauh di bawahnya, ini patut dipertanyakan,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja, Rabu (13/5).

Dia mengakui, dalam seleksi TKB sering dimanfaatkan kepala daerah untuk melakukan manipulasi data. Namun, pemerintah pusat bisa membatalkan keputusan bila disinyalir penetapan kelulusannya bermasalah.  Selain itu, pusat juga punya hitungan tersendiri untuk menguji kelulusan CPNS.

“Tidak akan mungkin nilai di bawah bisa menggeser nilai di atas meski dikatrol dengan TKB. Masalah ini terjadi di daerah-daerah. untuk itu hal ini jadi bahan pertimbangan pemerintah dalam pengadaan CPNS 2015,” tambah Setiawan.

Setiawan menambahkan, KemenPAN-RB akan melakukan pembatasan TKB karena jumlah jabatan yang diujikan sangat banyak dan tidak bisa dihandle pusat seluruhnya.

Hanya jabatan-jabatan tertentu yang bisa di-TKB-kan. Itupun harus dengan persetujuan MenPAN-RB. Selain itu, aturan main TKB juga ditetapkan Panselnas. (esy/jpnn)

Nah, untuk itu bagi anda yang ingin mengikuti seleksi CPNS tahun ini, segera persiapkan diri anda pelajari soal-soal CPNS Tes Kompetensi Dasar maupun Tes Kompetensi Bidang.
Tahun ini seleksi CPNS sudah menggunakan sistem CAT, silahkan dapatkan soal Latihan CPNS TKD dan TKB menggunakan sistem CAT disini : Soal CPNS 2015
Semoga bermanfaat untuk anda.

No comments: