Wednesday, May 27, 2015

Pemkab Sleman Kekurangan 1.250 Pegawai, kebutuhan paling banyak guru kelas, dokter serta perawat

Sahabat pembaca Info CPNS 2015, sudah tahukah anda bahwa Pemerintahan Kabupaten Sleman kekurangan pegawai. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sleman, Iswoyo Hadiwarno. Ia menyebutkan, kekurangan pegawai tahun ini sebesar 1.250 orang. Padahal, tahun lalu Sleman sudah mendapat kuota rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menurut Iswoyo, kebutuhan paling banyak pada tenaga pendidikan, sepeti guru kelas dan kesehatan, yaitu dokter serta perawat. Jika tidak dipenuhi dikhawatirkan bisa menganggu pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, dari hasil rekrutmen CPNS 2014, Pemkab Sleman hanya mendapatkan 39 tambahan pegawai. Jadi masih kekurangan sangat banyak, dibandingkan kebutuhannya. 

Iswoyo menuturkan, kebutuhan mendesak adalah tenaga pendidikan. Terutama guru kelas yang masih kekurangan sekitar 500 guru.Menurutnya guru kelas tidak bisa digantikan seperti guru bidang studi yang bisa diganti dengan tenaga lain.

Kondisi ini semakin mengkhawatirkan dengan banyaknya guru yang pensiun setiap tahun. SK Pensiun PNS per 1 Agustus sampai 1 Desember saja diserahkan untuk 129 PNS. Sebanyak 123 pensiunan tersebut berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), yang rata-rata berstatus sebagai guru.

Iswoyo menjelaskan, sementara ini solusi yang dilakukan adalah menggunakan tenaga guru honor. Adapun kebijakan di lapangan di serahkan pada masing-masing kepala sekolah. BKD Sleman sendiri sudah mengajukan usulan formasi ke pemerintah pusat. Dan biasanya jawaban usulan formasi dari pemerintah pusat keluar pada bulan Juli.

Berita ini bersumber dari Republika

No comments: