Wednesday, May 27, 2015

CAT BKN Menghapus Stigma Negatif Seleksi CPNS

Sahabat pembaca Pengumuman CPNS 2015, sudah tahukah anda bahwa selain untuk seleksi CPNS, Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara(BKN) juga dimanfaatkan guna seleksi jabatan, kenaikan pangkat, penyesuaian ijazah, ujian dinas, serta kebutuhan kepegawaian lainnya. Dalam seleksi penerimaan CPNS tahun lalu, 387 instansi pemerintah pusat dan derah menggunakan CAT BKN. Terbukti, CAT BKN dapat dihandalkan dan menghapus berbagai stigma negatif dalam proses seleksi CPNS. Hal ini disampaikan Kabag Hubungan Media dan PengaduanMasyarakat Herman yang didampingi Kabid Pengelolaan Sistem Rekrutmen Endar Setiawan tatkala beraudensi dengan DPRD Surakarta di Ruang Rapat lantai 1 gedung I BKN Pusat Jakarta, Rabu (27/5).

Herman menuturkan bahwa selama ini berbagai stigma negatif muncul dalam proses seleksi CPNS. “Stigma ini pudar begitu pemerintah mewajibkan pemanfaatan CAT dalam proses seleksi CPNS,”ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Endar Setiawan mengungkapkan bahwa metode tes berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan CAT-BKN merupakan salah satu manifestasi UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara guna menciptakan CPNS yang professional, jujur, bertanggung jawab dan netral.“Kita paham bahwa hasil yang baik hanya dapat diperoleh melalui proses yang benar,“ tegasnya.

Diutarakan pula bahwa CAT merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) BKN yang mewujudkan transparansi dan obyektivitas dalam pelaksanaan tes. “Hal ini merupakan kunci Reformasi Birokrasi untuk menciptakan CPNS yang berkualitas dan mempunyai jiwa melayani,”ujarnya. 

Berita ini bersumber dari BKN.

No comments: