Wednesday, February 4, 2015

CPNS Badan Standardisasi Nasional (BSN) Tahun 2015

Pendafataran CPNS Badan Standardisasi Nasional (BSN) Tahun 2015 - Profil Badan Standardisasi Nasional (BSN), Setiap orang pasti ingin sukses. Setiap orang juga berhak memilih karirnya sesuai kemampuan dan minatnya. Tak bisa dipungkiri bahwa peminat CPNS sangatlah banyak. Tak heran memang mengingat segala fasilitas yang didapat dari mulai bekerja sampai mendapati masa pensiun. Karena itulah PNS (Pegawai Negeri Sipil) sangat diminati orang-orang di Indonesia.
Menjadi seorang PNS tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan, banyak hal yang harus dilakukan, dan banyak hal yang harus dikorbankan. Asal kita memiliki tekad yang besar, usaha yang pantas, dan tentunya berdoa kepada Tuhan, pastilah kesuksesan menjadi milik kita, pastilah salah satu kursi PNS menjadi milik kita.
Menngingat informasi ini merupakan informasi terkait CPNS BSN Tahun 2015, maka tidak ada salahnya kita melihat terlebih dahulu profil singkat dari BSN.
Badan Standardisasi Nasional (BSN)

Badan Standardisasi Nasional atau yang sering disingkat dengan BSN merupakan Lembaga pemerintah non-kementerian Indonesia dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi di negara Indonesia. Badan ini menggantikan fungsi dari Dewan Standardisasi Nasional (DSN). Dalam melaksanakan tugasnya Badan Standardisasi Nasional berpedoman pada Peraturan Pemerintah No. 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional. Badan ini menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang digunakan sebagai standar teknis di Indonesia. Badan Standardisasi Nasional dibentuk dengan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 1997 yang disempurnakan dengan Keputusan Presiden No. 166 Tahun 2000 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen sebagaimana telah beberapa kali diubah dan yang terakhir dengan Keputusan Presiden No. 103 Tahun 2001, merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi di Indonesia.
Pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Standardisasi Nasional di bidang akreditasi dilakukan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). KAN mempunyai tugas menetapkan akreditasi dan memberikan pertimbangan serta saran kepada BSN dalam menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi. Sedangkan pelaksanaan tugas dan fungsi BSN di bidang Standar Nasional untuk Satuan Ukuran dilakukan oleh Komite Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (KSNSU). KSNSU mempunyai tugas memberikan pertimbangan dan saran kepada BSN mengenai standar nasional untuk satuan ukuran.Sesuai dengan tujuan utama standardisasi adalah melindungi produsen, konsumen, tenaga kerja dan masyarakat dari aspek keamanan, keselamatan, kesehatan serta pelestarian fungsi lingkungan, pengaturan standardisasi secara nasional ini dilakukan dalam rangka membangun sistem nasional yang mampu mendorong dan meningkatkan, menjamin mutu barang dan/atau jasa serta mampu memfasilitasi keberterimaan produk nasional dalam transaksi pasar global. Dari sistem dan kondisi tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk barang dan/atau jasa Indonesia di pasar global.

Persyaratan CPNS BSN Tahun 2015
Di tahun 2015 ini, BSN berencana membuka Penerimaan CPNS dengan persyaratan seperti di bawah ini :
PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Tingkat Pendidikan Sarjana (S1) dan Diploma (D3) sebagai berikut : lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta berakreditasi A dengan IPK ≥ 2,75; lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta berakreditasi B dengan IPK ≥ 3,00 dan Bagi lulusan luar negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi disertai dengan Konversi IPK ke dalam skala 4
  3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan dapat mengoperasikan komputer dibuktikan dengan nilai TOEFL ≥ 450
  4. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan berusia maksimum 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2015 untuk Sarjana (S1); dan Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan berusia maksimum 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2015 untuk Diploma (D3)
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD
  7. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik.

Persyaratan CPNS BSN di atas, disusun dari persyaratan penerimaan CPNS tahun yang lalu. Untuk penerimaan CPNS BSN tahun 2015 ini, persyaratannya akan segera diumumkan sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah resmi Indonesia. Maka, semoga persyaratan di atas dapat menjadi gambaran untuk Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi penerimaan CPNS tahun 2015.

Jadwal CPNS BSN Tahun 2015
Sebelum melihat jadwal CPNS BSN Tahun 2015 ini, baiknya kita bersabar terlebih dahulu sampai pemerintah pusat yang mengumumkannya. Untuk informasi Jadwal Pendaftaran CPNS BSN tahun 2015 akan diumumkan melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id  dan akan diinformasikan selanjutnya melalui blog ini. Terus ikuti perkembangannya melalui blog ini. Jangan sampai ketinggalan informasi terbarunya. Jangan sampai ketinggalan.

Pendaftaran CPNS BSN Tahun 2015
Perlu Anda ketahui bahwa pada tahun yang lalu BSN hanya menerima CPNS sebanyak 83 orang. Hal ini berarti bahwa untuk memperebutkan kursi CPNS di lingkungan BSN dibutuhkan persiapan yang sangat matang karena BSN hanya menerima sejumlah orang yang sangat kompeten di bidangnya. Namun, tidak tertutup kemungkinan di tahun 2015 ini formasi yang dibuka juga sama banyaknya atau bahkan lebih banyak lagi formasi yang dibuka. Karena itu, jika Anda berminat pada CPNS BSN ini, segera daftarkan diri Anda dalam penerimaan CPNS BSN tahun 2015 di atas, maka Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id
Informasi ini akan selalu diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah, oleh karena itu agar tidak ketinggalan informasi terbaru, silakan pantau terus informasinya melalui blog ini.
CATATAN : Persiapkan diri anda menghadapi seleksi CPNS Tahun 2015, pelajari ksi-kisi soal CPNS Tahun 2014 disini : Pendaftaran

Pengumuman CPNS BSN Tahun 2015
Blog ini berisi informasi terbaru seputar CPNS tahun 2015. Maka, untuk mendapatkan informasi seputar pengumuman penerimaan CPNS BSN tahun 2015 ini dapat Anda ikuti melalui blog ini.
Bagi Anda yang mengalami kegagalan dalam tes CPNS tahun lalu, Jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda dengan lebih baik lagi dan ikuti terus perkembangan terbaru informasi CPNS tahun 2015 melalui blog ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

No comments: