Thursday, February 19, 2015

Provinsi Sulut (Sulawesi Utara) Membuka Penerimaan CPNS 2015

Penerimaan CPNS Sulawesi Utara 2015
CPNS SULAWESI UTARA - Seperti baru-baru ini kami memberikan info dengan topik yang sama (Baca :  Info Lowongan CPNS 2015 Pemprov Sultra Sulawesi Tenggara ) maka info ini adalah berita CPNS dari Sulawesi Utara.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil yang baru. Hal ini tentunya harus memenuhi beberapa ketentuan seperti belanja PNS dalam struktur APBD maksimal 25 persen. Bagi Pemda yang tidak memenuhi syarat, maka jangan berharap mendapat kuota CPNS tahun 2015.

Bagi Pemerintah Sulawesi Utara terdapat peluang untuk mendapatkan kuota CPNS tahun 2015 sangat terbuka lebar. Disamping pemerintah sudah memasukan hasil analisis jabatan selama 5 tahun, terdapat belanja pegawai lingkup Pemprov hanya 23 persen. Tidak diragukan lagi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra begitu optimis akan mendapat kuota CPNS tahun 2015.

“Sesuai dengan analisis jabatan dan formasi PNS, Pemprov masih membutuhkan pegawai sekitar 729 orang. Hanya saja, kebutuhannya tidak sebesar itu lagi. Karena tahun 2014 lalu Pemprov telah menerima kuota sebanyak 129 formasi. Apalagi hasil konfrimasi dengan BPKAD Sultra, total belanja pegawai tahun depan hanya pada kisaran 23 persen,” kata Kepala BKD Sultra, Hj Nur Endang Abbas kemarin.

Jumlah 729 didapat dari perhitungan angka PNS telah pensiun dan formasi jabatan. Yang angkanya harus berada pada zero grout. Maka jumlahnya bukan sembarang dihitung. Olehsebab itu, proses perekrutan CPNS berbeda dengan sebelumnya. Bila biasanya SKPD yang menyerahkan kebutuhan formasi. Namun kini, melalui rujukan analisis jabatan dan kebutuhan pegawai. Nantinya, formasinya akan ditentukan langsung oleh Kemen PAN-RB.

Dalam hal formasi yang peminatnya masih kurang seperti yang diungkapkan wanita ramah ini, pemerintah akan membuat pengecualian. Seperti formasi dokter ahli paru dan jiwa yang kemarin belum terakomodir kemungkinan masih akan dibuka. Hanya saja, proses perekrutannya tidak lagi mensyaratkan dokter ahli. Kuotanya untuk dokter umum. Setelah itu, mereka akan di sekolahkan pemerintah. Bila tidak terakomodir lagi, daerah akan rugi. Sebab ada kemungkinan formasi tersebut akan dihapus.

“Bukan hanya tenaga dokter, namun juga pada tenaga penyuluh sosial. Sebab pada seleksi lalu formasi jabatan ini belum terpenuhi. Yang pasti, formasi yang sebelumnya belum terakomodir akan diusulkan kembali,” jelas mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini.

Perihal tentang jadwal pelaksanaan seleksi menurut mantan Sekretaris Bappeda Sultra ini, pihaknya saat ini belum mendapat kepastian. Sebab hingga kini kebijakan mengenai moratorium PNS kerap berubah-ubah. Namun demikian Pemprov harus selalu siap atas segala kebijakan pemerintah. Jangan sampai Kemen PAN-RB memberikan kuota sementara pemerintah terkesan belum siap (kendaripos.co.id)

Demikian info terbaru CPNS 2015 mengenai : Lowongan CPNS 2015 Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) 

Info lainya : Pemerintah Provinsi Papua Menolak Moratorium CPNS

No comments: