Sunday, January 4, 2015

CPNS Badan Intelijen Negara (BIN) Tahun 2015

Pendaftaran CPNS Tahun 2015 - Profil Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Negara, disingkat BIN, adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang intelijen.
Perjalanan lembaga Intelijen negara telah menapaki jalan panjang, seiring lahir dan berkembangnya Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI. Pasca proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, masih pada bulan Agustus 1945, pemerintah Republik Indonesia mendirikan badan Intelijen untuk pertama kalinya, yang dinamakan Badan Istimewa. Kolonel Zulkifli Lubis ditunjuk memimpin lembaga ini bersama sekitar 40 mantan tentara Pembela Tanah Air (Peta) yang menjadi penyelidik militer khusus. Personel-personel Intelijen pada lembaga ini merupakan lulusan Sekolah Intelijen Militer Nakano, yang didirikan pendudukan Jepang pada tahun 1943. Zulkifli Lubis merupakan lulusan sekaligus komandan Intelijen pertama.

Tahun 2000 Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengubah BAKIN menjadi Badan Intelijen Negara (BIN) sampai sekarang. Dengan demikian, sejak 1945 s/d sekarang, organisasi Intelijen negara telah berganti nama sebanyak 6 (enam) kali:

  1. BRANI (Badan Rahasia Negara Indonesia)
  2. BKI (Badan Koordinasi Intelijen)
  3. BPI (Badan Pusat Intelijen)
  4. KIN (Komando Intelijen Negara)
  5. BAKIN (Badan Koordinasi Intelijen Negara)
  6. BIN (Badan Intelijen Negara)


Persyaratan CPNS BIN Tahun 2015
Badan Intelijen Negara (BIN) di tahun ini akan membuka kembali penerimaan CPNS dengan jumlah formasi yang lebih besar lagi dibandingkan dengan tahun yang lalu, dengan ketentuan sebagai berikut  :
PERSYARATAN UMUM

  • Warga Negara Republik Indonesia, diutamakan pria.
  • Belum pernah menikah
  • Usia (per 1 Desember 2015) maksimal : 22 tahun untuk pelamar D.III; 26 tahun untuk pelamar S.1; 28 tahun untuk pelamar S.2.
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, calon anggota/anggota TNI/Polri, anggota dan/atau pengurus parpol.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  • Sehat jasmani rohani dan tidak buta warna.
  • Tidak pernah terlibat penyalahgunaan narkoba.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain.
  • Pelamar yang berasal dari perguruan tinggi dalam negeri harus terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan yang berasal dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Dikti Kemendikbud.
  • Memiliki IPK (skala 4) serendah-rendahnya: 3,00 (tiga koma nol nol) bagi lulusan Perguruan Tinggi Negeri; 3,30 (tiga koma tiga nol) bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta.
  • Memiliki latar belakang pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan.
  • Diutamakan memiliki jaringan yang luas atau pengalaman berorganisasi baik di bidang akademis maupun organisasi sosial kemasyarakatan.
  • Sekedar tambahan informasi bagi kita semua, Persyaratan  CPNS di atas, dibuat berdasarkan persyaratan penerimaan CPNS tahun yang lalu. Untuk penerimaan CPNS BIN tahun 2015 ini, persyaratannya akan segera diumumkan sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah resmi Indonesia. 

Namun, jika Anda memang berminat untuk sukses di tahun ini, hal itu tidak akan menghalangi niat Anda, sebab segala persyaratan di atas merupakan persyaratan baku dalam penerimaan CPNS. Perlu diketahui bahwa persyaratan penerimaan CPNS setiap tahunnya tidak mengalami banyak perubahan. Artinya, dari tahun ke tahun, persyaratan yang dikeluarkan oleh pemerintah sama saja. Semoga persyaratan di atas dapat menjadi gambaran untuk Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi penerimaan CPNS tahun 2015.

Jadwal CPNS BIN Tahun 2015
Bagi Anda yang sudah menanti-nantikan jadwal CPNS BIN tahun 2015, informasi Jadwal Pendaftaran CPNS BIN tahun 2015 akan diumumkan melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id  dan akan diinformasikan selanjutnya melalui blog ini. Silakan ikuti terus perkembangannya di sini.

Pendaftaran CPNS BIN Tahun 2015
Terkhusus bagi Anda yang mampu memenuhi segala persyaratan di atas, dan berminat untuk mendaftarkan diri dalam penerimaan CPNS BIN tahun 2015 ini, maka Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id
Informasi ini akan selalu diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah, oleh karena itu agar tidak ketinggalan informasi terbaru, silakan pantau terus informasinya melalui blog ini dan persiapkan diri Anda mulai dari sekarang. Jangan sampai Anda gagal lagi tahun ini. Jadilah pemenang !

Persiapan menghadapi seleksi CPNS Tahun 2015 menggunakan Sistem CAT, silahkan daftarkan disini : Link Pendaftaran

Pengumuman CPNS BIN Tahun 2015
Informasi seputar pengumuman penerimaan CPNS BIN tahun 2015 ini dapat Anda ikuti melalui blog ini. Perlu diingat bahwa blog ini berisi berbagai informasi terbaru mengenai pengumuman penerimaan CPNS 2015, dimana informasi ini akan diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah dalam penerimaan CPNS tahun 2015.
Bagi Anda yang masi belum lulus tes CPNS tahun yang lalu, mulailah berlatih lebih giat dan jangan sampai Anda gagal lagi. Tetap pantau blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Penerimaan CPNS tahun 2015. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi. Semoga bermanfaat. Semoga sukses.

No comments: