Tuesday, January 6, 2015

CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tahun 2015

Pendaftaran CPNS BMKG Tahun 2015 - Profil BMKG, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau yang sering disingkat dengan BMKG, sebelumnya bernama Badan Meteorologi dan Geofisika (disingkat BMG) adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.
Tugas BMKG ini antara lain :

  • pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika
  • koordinasi kegiatan fungsional di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika
  • memfasilitasi dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan swasta di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika
  • penyelenggaraan pengamatan, pengumpulan dan penyebaran, pengolahan dan analisis serta pelayanan di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika
  • penyelenggaraan kegiatan kerjasama di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika
  • penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum, ketatausahaan, organisasi dan tatalaksana, kepegawaian, keuangan, kearsipan, hukum, persandian, perlengkapan dan rumah tangga.


Persyaratan CPNS BMKG Tahun 2015
Pada tahun 2015 ini, BMKG akan membuka penerimaan CPNS, dengan ketentuan seperti yang tertera di bawah ini  :
PERSYARATAN :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Tingkat Pendidikan Sarjana (S1) / Diploma 4 dan Diploma (D3) lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta/Luar Negeri  dengan IPK ≥ 2,75; Tingkat Pendidikan Pasca Sarjana (S2) dan Doktoral S3; dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta/Luar Negeri  dengan IPK ≥ 3; Bagi lulusan luar negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Pendidikan Tinggi 
  3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan dapat mengoperasikan komputer dibuktikan dengan nilai TOEFL ≥ 450
  4. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan berusia maksimum 35 tahun untuk Sarjana, Pasca Sarjana, dan Doktor (S1, S2, S3). 
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD. 
  7. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik.
  8. Untuk formasi khusus putra/putri Papua dipersyaratkan minimal salah satu orang tua kandung pelamar asli Papua.


Adapun persyaratan di atas, dibuat berdasarkan persyaratan penerimaan CPNS tahun yang lalu. Untuk penerimaan CPNS BMKG tahun 2015 ini, persyaratannya akan segera diumumkan sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah resmi Indonesia. Perlu diketahui bahwa persyaratan penerimaan CPNS setiap tahunnya tidak mengalami banyak perubahan. Artinya, dari tahun ke tahun, persyaratan yang dikeluarkan oleh pemerintah sama saja. Semoga persyaratan di atas dapat menjadi gambaran untuk Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi penerimaan CPNS tahun 2015.

Jadwal CPNS BMKG Tahun 2015
Untuk informasi Jadwal Pendaftaran CPNS BMKG tahun 2015 akan diumumkan melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id  dan akan diinformasikan selanjutnya melalui blog ini.

Pendaftaran CPNS BMKG Tahun 2015
Jika Anda berminat untuk mendaftarkan diri dalam penerimaan CPNS BMKG tahun 2015 di atas, maka Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id
Informasi ini akan selalu diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah, oleh karena itu agar tidak ketinggalan informasi terbaru, silakan pantau terus informasinya melalui blog ini.

CATATAN : Persiapkan diri anda menghadapi seleksi CPNS Tahun 2015, pelajari ksi-kisi soal CPNS Tahun 2014 disini : Pendaftaran

Pengumuman CPNS BMKG Tahun 2015
Informasi seputar pengumuman penerimaan CPNS BMKG tahun 2015 ini dapat Anda ikuti melalui blog ini. Perlu diingat bahwa blog ini berisi berbagai informasi terbaru mengenai pengumuman penerimaan CPNS 2015, dimana informasi ini akan diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah dalam penerimaan CPNS tahun 2015.
Manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda sejak dini dan ikuti terus perkembangan terbaru informasi CPNS tahun 2015 melalui blog ini, semoga bermanfaat untuk Anda.

No comments: