Sunday, January 4, 2015

CPNS Badan Informasi Geospasial (BIG) Tahun 2015

Pendaftaran CPNS Tahun 2015 - Profil Badan Informasi Geospasial (BIG),
Badan Informasi Geospasial (disingkat BIG), sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (disingkat Bakosurtanal), adalah lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.

BIG berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dan dipimpin oleh seorang kepala. Dr. Asep Karsidi, M.Sc. saat ini menjabat sebagai Kepala BIG berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 29/M Tahun 2012. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BIG dikoordinasikan oleh Menteri Riset dan Teknologi.
Di tahun 2015 ini, BIG akan membuka penerimaan CPNS bagi seluruh Putra-Putri Indonesia yang ingin berkarir sebagai Abdi Negara. Berikut ini persyaratan CPNS BIG tahun 2015.

Persyaratan CPNS BIG Tahun 2015

  • Pada tahun 2015 ini, BIG akan membuka penerimaan CPNS, dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI dan POLRI;
  • Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum;
  • Sehat jasmani; dan 
  • Bebas narkoba.


PERSYARATAN KHUSUS

  • Batasan usia pelamar: berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 25 (dua puluh lima) tahun pada tanggal1 Desember 2015 untuk pelamar berpendidikan D3; berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 28 (dua puluh delapan) tahun pada tanggal 1 Desember 2015 untuk pelamar berpendidikan S1.
  • Batasan usia pelamar dibuktikan melalui data dalam ijazah dan akta kelahiran.
  • Batasan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK): Bagi pelamar dengan latar belakang pendidikan Teknik Geodesi/Geomatika IPK minimal bagi pelamar adalah 2,5 (skala 4) bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A, dan minimal 2,75 (skala 4) bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi di bawah A. Bagi pelamar dengan latar belakang pendidikan lainnya IPK minimal bagi pelamar adalah 2,75 (skala 4) bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A, dan minimal 3,00 (skala 4) bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi di bawah A.
  • Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan;
  • Tidak akan menuntut penyesuaian ijazah untuk kenaikan pangkat di kemudian hari apabila pada saat melamar sudah memiliki ijazah yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan;
  • Bersedia membayar ganti rugi ke kas Negara sebesar Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah) pabila mengundurkan diri sebagai CPNS/PNS dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sejak dinyatakan diterima sebagai CPNS BIG; dan
  • Pelamar berasal dari:  Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional; Perguruan Tinggi luar negeri yang diakui kementerian yang membidangi urusan pendidikan nasional, dibuktikan dengan data akreditasi program studi yang tercantum dalam ijazah atau surat keterangan akreditasi program studi yang bersangkutan dari BAN PT; atau 
  • Sekolah kedinasan yang dimiliki oleh instansi pemerintah.
  • Umur ijazah terakhir setinggi-tingginya 6 tahun. 


Persyaratan Umum dan Khusus di atas, disusun berdasarkan persyaratan penerimaan CPNS tahun yang lalu. Untuk penerimaan CPNS BIG tahun 2015 ini, persyaratannya akan diumumkan sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah resmi Indonesia. Semoga persyaratan di atas dapat menjadi gambaran untuk Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi penerimaan CPNS 2015, karena dari waktu ke waktu persyaratan CPNS tidak berbeda, karena itu tidak ada salahnya untuk melengkapi segala persyaratannya sejak awal.
Untuk persyaratan CPNS BIG tahun 2015, silakan lihat di blog ini, karena blog ini akan secara langsung meng-update informasi seputar CPNS tahun 2015.

Jadwal CPNS BIG Tahun 2015
Untuk informasi Jadwal pendaftaran CPNS BIG tahun 2015 akan diumumkan melalui website portal CPNS panselnas.menpan.go.id dan akan diinformasikan melalui blog ini. Jangan lupa untuk mengikuti perkembangan informasinya melalui blog terpercaya ini.

Pendaftaran CPNS BIG Tahun 2015
Bagi Anda yang merasa memenuhi kualifikasi di atas dan tertarik untuk mendaftarkan diri dalam penerimaan CPNS BIG tahun 2015 ini, silakan persiapkan diri Anda mulai dari sekarang dan jangan lupa untuk mendaftarkan diri Anda melalui website portal CPNS Indonesia panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id
Informasi ini akan selalu diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah, oleh karena itu silakan pantau terus informasinya melalui blog ini agar tidak ketinggalan informasinya. Semoga bermanfaat.

Pengumuman CPNS BIG Tahun 2015
Informasi seputar pengumuman CPNS BIG tahun 2015 dapat diikuti melalui blog ini, dimana informasi ini akan diperbaharui sesuai dengan pengumuman resmi dari pemerintah dalam penerimaan CPNS tahun 2015. Melalui blog ini Anda tidak akan kehilangan informasi seputar Penerimaan CPNS Tahun 2015.
Ikuti terus perkembangan terbaru informasi CPNS tahun 2015 melalui blog ini, semoga bermanfaat untuk Anda.
Perlu Anda ingat bahwa peminat CPNS dari tahun ke tahun semakin meningkat, ditambah lagi akan lulusan yang juga meningkat setiap tahunnya. Hal ini berpengaruh kepada kemungkinan Anda menjadi pemenang. Saingan Anda dimana-mana dan tentunya dengan daya kompetensi yang berbeda-beda. Untuk itu marilah kita siapkan diri kita sebaik mungkin, agar kita layak jadi pemenang di tahun ini. Semoga berhasil.

No comments: